Tuesday, September 13, 2011

Doa di kala sesedihan

Berikut adalah doa-doa yang dianjurkan dibaca tatkala berasa sedih
 ---------------
1.  Hadis riwayat Imam Ahmad:

 اَللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ، وَنُوْرَ صَدْرِيْ، وَجَلاَءَ حُزْنِيْ، وَذَهَابَ هَمِّيْ.

"Ya Allah! Sesungguhnya aku adalah hambaMu, anak hamba lelakiMu, dan anak hamba perempuanMu. Ubun-ubunku di tanganMu, telah berlalu keputusanMu padaku, adalah adil qadhaMu kepadaku. Aku mohon kepadaMu dengan setiap namaMu yang telah Engkau gunakan untuk menggelar diriMu, atau nama yang Engkau turunkan dalam kitabMu, atau nama yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhlukMu atau yang Engkau khususkan untuk diriMu dalam ilmu ghaib di sisiMu, Engkau jadikanlah Al-Quran sebagai musim bunga di hatiku, cahaya di dadaku, pelenyap dukaku dan penghilang kesedihanku."

Sesudah membaca doa ini, bacalah Al-Quran dengan tafsirannya.
--------------------------------

2. Hadis riwayat Al-Bukhari:

 اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ.
"Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang."
---------------------------------

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment